5 Tips Liburan Aman Selama Masa Pandemi Covid-19

Desember2, 2020
by burhan

,Bagi yang tinggal di Kota Jakarta, Libur panjang akan segera tiba. apakah anda sudah memiliki rencana berlibur?

Liburan di masa seperti pandemi Corona ini memang harus lebih ekstra hati-hati lagi. Sangat dibutuhkan rencana dan perlindungan super ekstra agar tidak tertular selama berlibur, jangan sampai liburan yang menyenangkan menjadi menyedihkan. Dan anda bisa liburan aman selama pandemi

Menurut Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, “kunci utama untuk melindungi diri dari virus selama liburan adalah menghindari penularan”. Caranya dengan menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

“Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus memakai masker yang melindungi hidung dan mulut. Menjaga jarak agar saat berbicara sedikit droplet keluar,” kata Tri Yunis Miko Wahyono, dikutip dari covid19.go.id.

“Tetap saling menjaga jarak sehingga tidak terkena dan penting juga untuk mencuci tangan pakai sabun,” sambungnya.

Bagi anda yang ingin dan akan berlibur di masa pandemi, simak 5 tips berlibur aman dari Tri Yunis Miko Wahyono berikut:

1. Hindari Percikan Air Liur Saat Berbicara

Karena penyebaran virus Corona terjadi melalui penularan droplet, yaitu dari percikan air liur orang lain saat berbicara. Masyarakat diimbau patuh menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan agar tidak terpapar COVID-19.

Penggunaan masker juga harus dipahami. Masker berbahan kain hanya melindungi 70 persen, sedangkan masker bedah 80 sampai 90 persen, jadi bisa dipahami ya.

2. Hindari Kerumunan di Luar atau di Dalam Ruangan

Hindarilah kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak antara satu orang dan lainnya, jaga jarak aman anda. Pilih daerah wisata yang tidak terlalu padat untuk menghindari potensi penyebaran virus Corona, anda bisa mencari-cari refrensi dan berkonsultasi dengan penyedia layanan liburan.

3. Pahami Status Zonasi Tempat Wisata

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu, status zonasi lokasi wisata yang akan dituju sebelum berkunjung ke tempat wisata. Beberapa status zonasi tersebut adalah zona hijau, kuning, oranye, atau merah.

Status ini bisa diketahui dengan mengunjungi website resmi COVID-19 atau menanyakan langsung ke kantor pemerintah setempat. anda dan keluarga sangat disarankan untuk memilih lokasi liburan di zona hijau yang relatif lebih aman.

4. Hindari Ruang Tertutup

Pastikan lokasi liburan ada di tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan (outdoor). Hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara, dan juga tempat wisata yang luas dan tidak terlalu berdesakan.

5. Pastikan Kondisi Tubuh Fit

ini sangat penting sebelum liburan adalah memastikan kondisi kesehatan keluarga. Pastikan kondisi tubuh fit atau sehat dan dalam kondisi yang prima. Jika kondisi fisik bermasalah atau kurang bersemangat, sebaiknya tunda perjalanan dan lebih baik mencari alternatif hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau.

Selama liburan, jangan lupa selalu #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun, sesuai imbauan #satgascovid19. agar bisa liburan aman selaman pandemi.

Ikuti kami dan share :
error
corona , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *